Jumat, 17 Februari 2012

IPMHI Menjalin Kerjasama dengan MK dan KY

IPMHI MENJALIN KERJASAMA DENGAN MAHKAMAH KONSTITUSI DAN KOMISI YUDISIAL REPUBLIK INDONESIA




Tepat pada Hari Valentine, 14 Februari 2012, banyak orang-orang di Jakarta, Ibu Kota, khususnya sibuk dengan perayaan dan kencan bersama orang-orang yang dikasihinya. Maklum karena hari valentine identik dengan hari kasih sayang dan apresiasi cinta. Namun, tidak demikian dengan Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (IPMHI). Bertepatan pada waktu tersebut, IPMHI memilih untuk melakukan kunjungan dan audiensi kerjasama ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia.


Kunjungan dan audiensi kerjasama merupakan salah satu program kerja tahunan IPMHI.
Kegiatan kunjungan dan audiensi kerjasama ke beberapa instansi dan lembaga negara ditujukan untuk mengkaji tentang permasalahan hukum, khususnya yang tengah dihadapi oleh instansi dan atau lembaga negara yang bersangkutan. Disamping itu pula, kunjungan dan audiensi ini dimaksudkan untuk menjalin kerjasama. Kerjasama yang dimaksud adalah kerjasama di bidang penyelenggaraan kegiatan dan atau publikasi karya ilmiah. Adanya kerjasama ini diharapkan dapat ikut serta dalam menyukseskan visi dan misi IPMHI.


Pada kesempatan pertama, IPMHI melakukan kunjungan dan audiensi kerjasama ke MK. Di MK, IPMHI disambut oleh Bapak Heru Setiawan selaku Ka. Sub. Bag. Media Massa MK RI, dan Bapak Nor Rosyid Ardani selaku Ketua Puslitka. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih dua jam setengah, terhitung sejak pukul 13.00-15.30 WIB. Kegiatan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, antara lain:

1. Penyelenggaraan Temu Wicara dengan Hakim-Hakim MK.
2. Penulisan Artikel di Majalah MK.
3. Penulisan Jurnal di Jurnal Konstitusi MK.
4. Sosialisasi LKTI Pekan Konstitusi MK.


Pada kesempatan kedua, IPMHI melakukan kunjungan dan audiensi kerjasama ke KY. Di KY, IPMHI disambut oleh Bapak Patmoko selaku Ka. Pus. Data dan Layanan Informasi KY RI, dan didampingi oleh Bang Ikhsan, DPO IPMHI yang saat ini tengah bekerja di KY. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih satu jam setengah, terhitung sejak pukul 16.00-17.30 WIB. Kegiatan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, antara lain:

1. Kesediaan Menjadi Nara Sumber untuk Konferensi Penulisan IPMHI.
2. Kerjasama Pendanaan Konferensi Penulisan IPMHI.
3. Penelitian Putusan di Jurnal KY.
4. Penulisan di Buletin KY (untuk hasil kajian populer yg terbit 2 bulan sekali).


Demikianlah kegiatan kunjungan dan audiensi kerjasama yang dilakukan IPMHI bertepatan pada hari valentine, 14 Februari 2012. Semoga kerjasama ini dapat direalisasikan dengan sebaik-baiknya. IPMHI sangat berterima kasih khususnya kepada pihak MK dan KY yang telah menerima IPMHI melakukan kunjungan serta menyepakati beberapa poin kerjasama sebagaimana disampaikan di atas. Begitu pula IPMHI berterima kasih kepada Bang Ikhsan dan Bang Resha selaku DPO yang terus membimbing IPMHI, dan tak lupa terima kasih kepada Aa' Hoesny yang telah berkenan mendampingi IPMHI selama berada di Jakarta. Sukses selalu.

"Bersama IPMHI Berkarya Untuk Negeri"

Foto: Dua Sekjen IPMHI, Agus Fadilla Sandi dan Prischa Listiningrum,
di depan gedung Komisi Yudisial Republik Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar