Kamis, 22 Januari 2009

PROFIL Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia

IPMHI

LATAR BELAKANG ORGANISASI

Meneropong sejarah pembentukan arah dan tujuan bernegara Indonesia yang tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 alinea ke-4, tidak terlepas dari peran serta mahasiswa dalam mengawal agenda-agenda demokrasi. Mahasiswa adalah komunitas intelektual yang telah melahirkan ide, gagasan dan pemikiran-pemikiran yang kritis dan mendalam untuk menyelesaikan masalah-masalah social cultural kebangsaan. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi Agen Of Cange dan Agen Of Social Control yang memiliki kualitas pengetahuan yang tinggi.

Peran serta mahasiswa sebagai pelopor perubahan telah berlangsung selama puluhan tahun. Fakta-fakta yang telah terjadi adalah suatu hal yang tidak dapat kita sangkal, seperti pergerakan mahasiswa pada masa orde lama, orde baru, reformasi dan demokrasi seperti saat sekarang ini adalah wujud konkrit dari peran mahasiswa dalam mengawal perkembangan bangsa. pergerakan mahasiswa melalui lembaga-lembaga kemahasiwaan inilah yang telah melakukan banhyak perubahan di bangsa ini. Akan tetapi, Gerakan-gerakan mahasiswa yang telah berlangsung selama ini ternyata mengalami kemunduran. Kita dapat melihat proses apatisasi dan pembumian wacana-wacana hedonism dapat kita lihat di hampir setiap sudut kampus. Selain itu, menurunnya minat mahasiswa untuk terlibat dalam lembaga kemahasiswaan, berdiskusi, menulis dan sebagainya juga merupakan bukti nyata semakin lemahnya pengawalan lembaga kemahasiswaan dalam mengubah paradigma kampus yang sesungguhnya.

Selain itu, pergerakan mahasiswa yang selama ini juga masih terfokus pada gerakan pressur yang menggerakkan massa yang besar dan tidak berorienrtasi pada peningkatan kapasitas pengetahuan mahasiswa. Bahkan, tak jarang pergerakan tersebut sering menimbulkan tindakan-tindakan criminal yang tentu akan merusak citra mahasiswa di mata pemerintah dan khususnya masyarakat. Menyadari hal tersebut, berbagai kelompok-kelompok mahasiswa kini telah mengembangkan metode baru dalam memaksimalkan peran mahasiswa dalam mengawal perabahan dan perkembangan masyarakat. Kelompok-kelompok peneliti dan penulis kini mulai mengambil peran dalam pergerakan mahasiswa yang lebih mengutamakan kapasitas pengetahuan dan daya kritis yang tinggi.


Perkembangan dunia penelitian dan penulisan karya ilmiah ini telah memberikan dorongan kepada sekelompok mahasiswa untuk membentuk suatu wadah yang dapat membantu mereka dalam proses penelitian dan penulisan karya ilmiah. Lahirnya berbagai lembaga penelitian dan penulisan karya ilmiah di setiap universitas inilah yang mengawali babak baru penyampaian aspirasi melalui jalur tulisan yang objektif dan konfrehensif. Akan tetapi, lembaga tersebut masih berdiri sendiri-sendiri sehingga tidak ada komunikasi antar lembaga penelitian dan penulisan karya ilmiah yang ada di berbagai universitas.

Menyadari hal tersebut di atas, maka dibutuhkan suatu wadah nasional yang dapat menjadi wadah pemersatu dan membangun keminikasi aktif semua lembaga penelitian dan penulisan karya ilmiah di semua universitas khususnya fakultas hukum. Keberadaan wadah ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar dalam proses pembentukan wacana kritis dan paradigmatic yang diharapkan dapat melahirkan mahasiswa yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya untuk mengatasi problematika social masyarakat dan hukum pada khususnya.

sSEJARAH SINGKAT IPMHI

Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (IPMHI) dibaca “ipmi” didirikan pada hari minggu, 11 Januari 2009, pukul 00.33 WITA, di Baruga Room hotel Grand Palace, Makassar. Organisasi ini terbentuk pada kegiatan Konferensi Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Dan Lomba Karya Tulis Mahasiswa Bidang Hukum Tingkat Nasional 2009 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (LP2KI FH-UH). Lembaga ini lahir atas prakarsa 12 universitas se-Indonesia.

VIVISI DAN MISI

Visi

Menciptakan wadah yang menaungi penulis mahasiswa hukum se-indonesia sehingga mampu berprestasi dalam bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah.

Misi

Mengembangkan daya analisa mahasiswa hukum Indonesia yang kreatif, cerdas dan inovatif dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah.

Membangun kerjasama dan komunikasi aktif antar lembaga penelitian dan penulisan karya ilmiah di setiap universitas.

Membangun kerjasama dengan instansi-instansi, khususnya yang bergerak di bidang hukum dan penelitian serta penulisan karya ilmiah.

D. DEKLARATOR IPMHI

Deklarator IPMHI terdiri dari 12 Universitas se-Indonesia yaitu :

  1. Universitas Hasanuddin (Makassar) diwakili oleh, Habibi, Resha Agriansyah, Wardani Rizkianti, dan Muhammmad Solihin S.
  2. Universitas Mulawarman (Samarinda) diwakili oleh Nun Fadillah Muslimah, Awang Firman, Bagus Panji Wirawan, dan Panji Yudha.
  3. Universitas Airlangga (Surabaya) diwakili oleh Hidayat Asnshori, Rialita Febriana, Yati J.S dan Mulyana Sukma Negara.
  4. Universitas Islam Indonesia (yogjakarta) diwakili oleh Muhammad Erpani, Khoirur Risal Lutfi, dan Imam Nasef.
  5. Universitas Brawijaya (malang) diwakili oleh Riski Emil, Asrul Ibrahim Nur, Anggi Valentinata, dan Vin Devanta Anjas.
  6. Universitas Sulawesi tenggara (Sulawesi tenggara) diwakili oleh Rusmin Risiful dan Juapril
  7. Universitas Malikussaleh (aceh) diwakili oleh Erison S Canhiago dan T.M. Jefri.
  8. Universitas Indonesia (Jakarta)diwakili oleh Dian Riski Amelia, Elvino Martinus dan Sari Agustin.
  9. Universitas Sebelas Maret (Surakarta) diwakili oleh Nurrahman Aji Utomo dan Yovi Wahyu J.N.H.
  10. Universitas Udayana (Bali) diwakili oleh Dewi Bunga, Anak Agung Ayu dan Ni Wayan Desi Aryanti.
  11. Universitas Padjajaran (Bandung) diwakili oleh Masan Nurpian, Mei Susanto dan Jaya Kusuma Wardana.
  12. Universitas Tadulako (Palu) diwakili oleh Andi Intan Purnama Sari, Erlan Ardiansyah dan Muhammad Adli Rasyid.

1 komentar:

  1. Selamat malam, perkenalkan nama saya Suzan. Saya iseng browsing dan menemukan blog IPMHI ini dan tertarik untuk bergabung. Sebelumnya apakah ada contact person yang bisa dihubungi? Karena saya ingin tanya-tanya seputar IPMHI...
    Untuk contact person-nya bisa dikirimkan ke email saya berikut :
    suzandwinancy10@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya, ditunggu balasannya ya. :)

    BalasHapus